2012/01/25

Mobil desa diproduksi tahun ini


JAKARTA: Mobil untuk kawasan perdesaan siap diproduksi pada tahun ini dengan kisaran harga Rp30 juta untuk memenuhi kebutuhan kendaraan roda empat di masyarakat pedesaan yang mayoritas telah memiliki sepeda motor.
Deputi Menko Perekonomian Bidang Perindustrian dan Perdagangan Edy Putra Irawadi mengatakan saat ini pemerintah telah mengesahkan produksi mobil murah pada tahun ini dengan kapasitas mesin sebesar 650cc.
“Yang sudah disepakati untuk mobil perdesaan dengan spesifikasi mesin 650cc ke bawah, yang saat ini detail teknisnya tengah dirampungkan oleh Kementerian Perindustrian agar bisa diproduksi pada tahun ini,” jelasnya kepada Bisnis.
Edy memaparkan kendaraan desa itu dinamakan program Mobil Kita yang harganya sekitar Rp30 juta-Rp40 juta. Target produksi bisa mencapai 2 juta unit mulai tahun ini sampai dengan 2020.
Menurut dia, program mobil perdesaan itu diharapkan dapat memenuhi kebutuhan kendaraan bagi masyarakat di daerah dengan dimensi kendaraan kecil menyesuaikan dengan infrastrutur jalan.
Kendaraan itu, lanjutnya, dikategorikan sebagai mobil kluster IV dengan pangsa pasar dikhususkan bagi masyarakat perdesaan di daerah yang perekonomiannya tengah berkembang seperti di wilayah perkebunan dan pertambangan.
“Diharapkan program mobil itu dapat mendongkrak daya beli masyarakat di perdesaan yang otomatis dapat mendukung pertumbuhan sektor otomotif nasional.” (tw) http://bisnis-jabar.com/index.php/2011/06/mobil-desa-diproduksi-tahun-ini/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar